• Posted by : sahdarullah Sabtu, 12 Oktober 2013



    Pokok Bahasan ini meliputi :

    n  Arti perdagangan besar
    n  Penggolongan pedagang besar


    1. ARTI PEDAGANG BESAR

                Pedagang besar merupakan kegiatan yang berkaitan dengan pembelian barang dalam jumlah besar untuk dijual lagi. Jadi, pembelian yang dilakukannya berjumlah besar. Tidak semua perusahaan yang terlibat dalam perdagangan besar selalu digolongkan sebagai pedagang besar. Kadang-kadang satu pengecer menjual kepada pengecer yang lain, produsen sendiri juga sering melayani penjualan secara langsung kepada para pengecer. Jadi, kegiatan perdagangan besar ini dapat dilakukan oleh suatu perusahaan kepada semua pembeli kecuali konsumen akhir (yang membeli untuk kepentingan pribadi atau non bisnis). Bagi perusahaan yang memiliki kantor cabang penjualan (yang mempunyai fungsi pokok menjual, bukannya memproduksi), perusahaan tersebut juga harus menentukan penyalur atau pedagang besarnya.
                Istilah pedagang besar (wholesaler) ini hanya digunakan pada perantara pedagang yang terikat dengan kegiatan pedagang besar dan biasanya tidak melayani penjualan eceran kepada konsumen akhir. Adapun definisi dari pedagang besar ini adalah sebagai berikut :

                Pedagang besar adalah sebuah unit usaha yang membeli dan menjual kembali barang-barang kepada pengecer dan pedagang lain dan/atau kepada pemakai industri, pemakai lembaga, dan pemakai komersial yang tidak menjual dalam volume yang sama kepada konsumen akhir.


    Beberapa elemen penting dalam definisi tersebut adalah :
    1.            Pedagang besar merupakan unit usaha.
    2.            Mereka bertindak sebagai perantara antara produsen dengan pembeli barang-barang industri dan perantara lain.
    3.            Mereka melayani para pembeli barang industri dan perantara lain, bukannya konsumen akhir.

    Pedagang besar yang berkecimpung dalam pasar produsen biasanya disebut distributor industri. Kedudukannya berada diantara produsen dan diler (pengecer).





    2.  PENGGOLONGAN  PEDAGANG BESAR

                Penggolongan pedagang besar kedalam beberapa jenis, didasarkan pada fungsi-fungsi yang mereka lakukan, adalah sangat penting bagi produsen. Penggolongan tersebut sangat membantu produsen dalam memilih pedagang besar yang paling baik. Pada pokoknya, pedagang besar dapat digolongkan menjadi dua golongan, yaitu : {1) pedagang besar dengan servis penuh, dan (2) pedagang besar dengan fungsi terbatas.

    a)      Pedagang Besar Dengan Sevis Penuh
    Pedagang besar dengan servis penuh (full-servicewholesaler) merupakan jenis pedagang besar yang paling tua. Mereka dikatakan sebagai pedagang besar dengan servis penuh karena menjalankan semua fungsi pemasaran yang ada.

    Adapun fungsi-fungsi pemasaran yang mereka lakukan adalah :
    § Fungsi pembelian
    Mereka membeli barang untuk di jual lagi
    § Fungsi penjualan
    Mereka menjual barangnya kepada para pengecer, pemakai industri, dan / atau pembeli lain.
    § Fungsi pembagian
    Fungsi ini berhubungan dengan pembagian barang pada pasar yang dikuasainya baik dalam jumlah, ukuran, warna, kwalitas maupun harganya.
    § Fungsi pengangkutan
    Biasanya fungsi pengangkutan yang dilakukannya meliputi pengangkutan barang yang dijual kepada pembeli.
    § Fungsi pembelanjaan
    Dalam hal ini pedagang besar menjalankan fungsi pembelanjaan dengan menyediakan dana yang memadai untuk menjalankan operasinya.
    § Fungsi penyimpanan
    Pedagang besar perlu memelihara fasilitas penyimpanan yang memadai sebab tidak seluruh barang yang dibelinya dari produsen dapat langsung terjual. Sering mereka harus menunggu beberapa hari atau bahkan beberapa bulan untuk menjual barang yang telah dibelinya.
    § Fungsi penanggungan resiko
    Ada beberapa macam resiko yang harus ditanggung oleh pedagang besar, antara lain: (a) resiko tidak terbayarnya utang oleh pembeli sebagai hasil penjualan kredit, (b) harga saingan, dan (c) data lain yang berkaitan dengan keadaan pasar.
    § Fungsi informasi dan sarana menejemen
    Disni, pedagang besar diberikan sarana dan informasi kepada produsen penyangkut masalah : (a) barang baru, (b) harga saingan, dan (c) data lain yang berkaitan dengan keadaan pasar.

    Pada umumnya pedagang besar dengan servis penuh digunakan sebagai penyalur oleh produsen yang tidak mampu memasarkan barangnya ke pasar yang sangat luas...Jadi, kedudukan pedagang besar ini sangat penting.beberapa diantara mereka ada yang menggunakan tenaga-tenaga spesialis, antara lain : penjualan (salesman) dan menejer penjualan, yang mempunyai keahlian dibidang product line dan daerah penjualan.

    b.      Pedagang Besar Dengan Fungsi Terbatas

    Pedagang besar dengan fungsi terbatas (limited function wholesaler) merupakan kelanjutan dari jenis pedagang besar yang telah dibahas di muka (pedagang besar dengan servis penuh). Mereka menjadi pedagang besar dengan fungsi terbatas karena beberapa fungsi atau servis yang semula mereka lakukan sekarang mereka tinggalkan. Hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan efisiensi dan mengurangi biaya operasi. Pada keadaan seperti ini biasanya produsen sudah mulai memasarkan barangnya langsung kepada pengecer. Adapun jenis pedagang-pedagang besar dengan fungsi terbatas ini antara lain dapat disebutkan sebagai berikut :
    a.             Mail order wholesaler
    b.            Cash and carry wholesaler
    c.             Drop shipper
    d.            Wagon jobber

    Pada umumnya, kedua macam pedagang besar dimuka (pedagang dengan servis penuh dan pedagang besar dengan fungsi terbatas). Mempunyai hak milik atas barang-barang yang diperdagangkan. Dimuka telah dibahas bahwa mereka ini termaksud kategori perantara padagang. Selain perantara pedagang, kita telah mengenal perantara agen. Beberapa dari perantara agen ini (yang termaksud kedalam golongan agen penunjang) juga sering berkecimpung dalam kegiatan perdagangan besar. Namun dalam menjalankan fungsinya, mereka tidak mempunyai hak milik atas barang-barangnya. Jadi, meskipun mereka menjalankan kegiatan perdagangan besar tetapi umumnya mereka tidak dimasukan kedalam kategori pedagang. Mereka ini disebut agen.

    Adapun jenis-jenis agen yang termasuk dalam golongan agen penunjang adalah :
    1. agen pembelian
    2. agen penjualan
    3. agen pengangkutan
    4. agen penyimpanan (pergudangan)
    5. makelar

    Meskipun para agen ini tidak mempunyai hak milik, tetapi mereka ikut secara aktif dalam perdagangan barang yang dihasilkan produsen. Jadi, kedudukan mereka hanya sebagai perantara dalam transaksi jual-beli yang dilakukan oleh produsen dengan konsumen. Atas jasanya mereka mendapatkan sejumlah komisi atau sejumlah bayaran menurut perjanjian yang telah disetujui.      

    { 2 komentar... read them below or Comment }

    1. Assalamualaikum wrb salam persaudaraan,perkenalkan saya Sri Wulandari asal jambi,maaf sebelumnya saya hanya mau berbagi pengalaman kepada saudara(i) yang sedang dalam masalah apapun,sebelumnya saya mau bercerita sedikit tentang masalah saya,dulu saya hanya penjual campuran yang bermodalkan hutang di Bank BRI,saya seorang janda dua anak penghasilan hanya bisa dipakai untuk makan anak saya putus sekolah dikarenakan tidk ada biaya,saya sempat stres dan putus asa menjalani hidup tapi tiap kali saya lihat anak saya,saya selalu semangat.saya tidak lupa berdoa dan minta petunjuk kepada yang maha kuasa,tampa sengaja saya buka internet dan tidak sengaja saya mendapat nomor tlpon Aki Sulaiman,awalnya saya Cuma iseng2 menghubungi Aki saya dikasi solusi tapi awalnya saya sangat ragu tapi saya coba jalani apa yang beliau katakan dengan bermodalkan bismillah saya ikut saran Aki Sulaiman saya di ritualkan dana gaib selama 3 malam ritual,setelah rituialnya selesai,subahanallah dana sebesar 2M ada di dalam rekening saya.alhamdulillah sekarang saya bersyukur hutang di Bank lunas dan saya punya toko elektronik yang bisa dibilang besar dan anak saya juga lanjut sekolah,sumpah demi Allah ini nyata tampa karangan apapun,bagi teman2 yang mau berhubungan dengan Aki Sulaiman silahkan hub 085216479327 insya Allah beliau akan berikan solusi apapun masalah anda mudah2han pengalaman saya bisa menginspirasi kalian semua,Assalamualaikum wrb.JIKA BERMINAT SILAHKAN HUB AKI SULAIMAN 085-216-479-327,TAMPA TUMBAL,TIDAK ADA RESIKO APAPUN(AMAN) .

      BalasHapus

  • Copyright © 2013 - Unbreakable Machine Doll - Ilmu Bermanfaat - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan