• Posted by : sahdarullah Jumat, 01 November 2013


    Hari Jum’at adalah hari yang istimewa dalam Islam. Allah memberikan Banyak sekali keutamaan dan keistimewaan pada hari Jum’at, diantaranya adalah shalat Jum’at. Pada shalat Jum’at ada beberapa adab dan sunnah yang kalau dilaksanakan maka akan mendapatkan keutamaan yang Allah janjikan.
    Beberapa Adab dan Sunnah pada shalat Jum’at
    1. Memperbanyak Sholawat Kepada Nabi
    “Perbanyaklah sholawat untukku pada hari Jum’at, karena sesungguhnya sholawatmu disaksikan Malaikat dan sesungguhnya seseorang tidaklah membaca sholawat kepadaku melainkan do’a sholawatnya itu ditampakkan kepadaku sampai ia selesai membacanya. (HR. Ibnu Majah dan Abu Darda)

    2. Memperbanyak Do’a
    “Sesungguhnya pada hari Jum’at, ada suatu saat tiada didapatinya oleh seorang muslim dan ia sedang sholat, memohon kepada Allah suatu kebajikan, melainkan Allah memberikan kepadanya”. (HR. Jamaah)

    3. Memperbanyak Membaca Qur’an
    “Barangsiapa membaca surah al-Kahfi pada hari Jum’at, cahaya antara kedua Jum’at akan menyinarinya. (HR. Hakim)

    4. Mandi Dan Berhias
    “Wajib bagi setiap muslim mandi pada hari Jum’at, memakai sebaik-baik pakaian (yang dimilikinya) dan jika ia punya wangi-wangian maka pakailah”. (HR. Ahmad dan Abu Said)

    5. Memotong Kuku Dan Kumis
    “Rasulullah SAW memotong kuku dan menggunting kumisnya pada hari Jum’at sebelum beliau pergi sholat” (HR. Baihaqi dan Thabrani)


    6. Menyegerakan Datang Ke Masjid
    “Barangsiapa yang mandi pada hari Jum’at serupa junub, kemudian pagi-pagi (datang awal) ia pergi ke tempat Jum’at pahalanya serupa dengan pahala berqurban seekor unta gemuk. Barangsiapa pergi sholat pada saat yang kedua, maka seolah-olah ia berqurban dengan seekor sapi. Barangsiapa yang pergi pada saat ketiga maka seolah-olah ia berqurban dengan seekor kambing. Barangsiapa yang pergi pada saat yang keempat, maka seolah-olah ia berqurban dengan seekor ayam. Barangsiapa yang pergi pada saat yang kelima, maka seolah-olah ia berqurban dengan sebutir telur. Maka apabila imam telah keluar, hadirlah para Malaikat untuk mendengarkan khotbah”. (HR. Jamaah kecuali Ibnu Majah)

    7. Meluaskan Tempat Duduk
    “Tidak boleh seseorang menyuruh saudaranya berdiri (dari tempat duduk di Masjid) pada hari Jum’at, lalu ia menempatinya, tapi hendaknya ia berkata luaskanlah”. (HR. Ahmad dan Muslim)

    8. Pindah Duduk Bila Mengantuk
    “Apabila salah seorang diantara kamu mengantuk di tempat duduknya pada hari Jum’at maka pindahlah ke tempat lain”. (HR Ahmad danTirmidzi)

    9. Tidak Bertegak Lutut
    “Rasulullah melarang duduk bertegak lutut (di Masjid) pada hari Jum’at, padahal imam sedang berkhotbah”. (HR Ahmad, Abu Dawud dan Tirmidzi)

    10. Tidak Melangkahi Pundak
    “Seorang laki-laki datang melangkahi pundak orang-orang (duduk mendengar khotbah) pada hari Jum’at, padahal Nabi sedang berkhotbah, lalu Rasulullah menyuruh dia, “Duduklah karena sesungguhnya engkau mengganggu”. (HR. Ahmad)

    11. Shalat Tahiyatul Masjid
    “Seseorang masuk ke Masjid pada hari Jum’at, sedangkan Rasulullah sedang berkhotbah, lalu beliau bertanya, ‘Sudah shalatkah kamu?’ Ia menjawab, ‘Belum.’ Nabi berkata, shalatlah dua rakaat”. (HR. Jabir)

    12. Memperbanyak Shalat Sunnah
    “Sesungguhnya apabila seorang muslim telah mandi pada hari Jum’at, lalu pergi ke masjid dengan tidak mengganggu orang lain (yang datang awal) dan juga ia melihat imam/khotib belum naik mimbar, maka hendaknya melakukan shalat (sunnah) sebisanya. Akan tetapi, jika ia melihat imam/khotib akan naik mimbar maka hendaknya ia mendengarkan, menyimak, sampai imam/khotib selesai berkhotbah. Seandainya dosa-dosanya tidak diampuni pada hari Jum’at itu, maka diharapkan bisa menjadi kafarat bagi (dosa-dosanya) di hari Jum’at berikutnya”. (HR. Ahmad)

    13. Diam Ketika Khotbah Berlangsung
    “Bila engkau katakan kepada temanmu pada hari Jum’at, ‘Diam’, sewaktu Khotbah, maka sesungguhnya engkau telah menyia-nyiakan (Shalat Jum’atmu). HR Bukhari dan Muslim)

    14. Memperhatikan Khotib Sedang Berkhotbah
    “Adi bin Tsabit berkata, ‘Adalah Nabi SAW apabila telah berdiri di atas mimbar, maka para sahabat (hadirin) menghadapkan muka-muka mereka kepada Nabi SAW’”. (HR. Ibnu Majah)

    15. Melaksanakan Sunnah Ba’diyah Jum’at
    “Apabila salah seorang diantara kamu sudah selesai shalat Jum’at, maka sholatlah (sunnah) sesudah itu empat rakaat”. (HR. Jamaah, kecuali Bukhari)

    16. Meninggalkan Jual Beli dan Setelah Shalat Melanjutkannya Kembali
    “Hai orang-orang yang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat Jum’at, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan Tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui. Apabila telah ditunaikan shalat, maka bertebaranlah kamu di muka Bumi; carilah karunai Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung”. (QS. Al-Jumuah: 9-10)

    17. Tidak Boleh Meninggalkan Jum’at Sampai Tiga Kali
    “Barangsiapa meninggalkan tiga kali Jum’at karena menganggap enteng, niscaya Allah mencapkan hatinya”. (HR. Ahmad, Abu Dawud, Nasa’i, Tirmidzi dan Ibnu Majah)

    0 komentar

  • Copyright © 2013 - Unbreakable Machine Doll - Ilmu Bermanfaat - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan