Posted by : sahdarullah
Minggu, 24 November 2013
Istila Directing (pengarahan) adalah istilah
yang diberikan oleh Harold Koontz,
sedangkan istilah Pelaksanaan (actuating)
adalah istilah yang digunakan oleh GR. Terry. Oleh para ahli lain memberikan
istilah yang berbeda-beda.
Henry Fayol, menggunakan istilah Commanding yang berarti Pemberian
perintah. SP. Siagian, menggunakan istilah Motivating
yang berarti motivasi. Dan masih banyak lagi istilah lain yang dikemukakan
oleh para ahli yang lain, namun kesemuanya itu tidak mempunyai perbedaan yang prinsipil, karena istilah-istilah
tersebut mempunyai maksud dan tujuan yang sama, yaitu mengarah pada usaha untuk
menggerakkan atau membuat orang agar dapat melakukan pekerjaan dengan baik
sesuai yang diinginkan oleh pimpinan.
GR. Terry mengemukakan bahwa Actuating
adalah membuat semua orang anggota kelompok agar mau bekerjasama, dan bekerja
secara ihlas serta bergairah untuk mencapai tujuan sesuai dengan rencana.
Pengertian lain dari Directing adalah kegitan yang dilakukan oleh
pimpinan untuk membimbing, mengarahkan, mengatur segala kegiatan yang telah
diberi tugas dalam melaksanakan sesuatu kegiatan usaha.
Dalam pembahasan
mengenai Directing ini ada beberapa hal yang harus dibahas, yaitu :
1.
Tingkah laku (Perilaku) manusia
(human behavior)
2.
Hubungan manusia (human
relation)
3.
Motivasi (motivation)
4.
Kepemimpinan (leadership)
5.
Komunikasi (communication)
Kelima hal ini
harus dapat dimengerti dengan baik agar directing dapat dilaksanakan dengan
baik pula.
I. PERILAKU MANUSIA (HUMAN BEHAVIOR)
Masalah
Directing berkaitan erat dengan manusia,
olehnya itu kita harus mempelajari perilaku manusia (human behaviour).
Dalam hidup
berkelompok manusia mempunyai perbedaan, yaitu berbeda jenis kelamin,
usia, pengalaman, agama dan perbedaan kepentingan, tetapi juga mempunyai persamaan,
seperti persamaan kebutuhan untuk makan, minum, melanjutkan keturunan,
keamanan dan lain-lain.
Mengenai tingkah
laku manusia ini, salah satu teori yang kita kutip sebagai dasar adalah teori
yang dikemukakan oleh Douglas McGregor,
yang dikenal dengan Teori X dan Teori
Y.
Teori X beranggapan bahwa :
-Karyawan itu rata-rata malas
dan tidak suka bekerja
-Umumnya karyawan tidak
berambisi dan menghindar dari tanggung jawab.
-Karyawan lebih suka dibimbing,
diperintah dan dikendalikan.
-Karyawan lebih mementingkan
diri sendiri dan tidak memperdulikan sasaran organisasi.
Oleh karena itu
karyawan harus dikendalikan, dipaksa dan diarahkan agar organisasi dapat
mencapai sasarannya.
Tipe kepemimpinan Teori X adalah
Otoriter.
Teori Y beranggapan bahwa :
Karyawan
rata-rata rajin bekerja.
Karyawan
dapat memikul tanggung jawab
Karyawan
selalu berusaha untuk mencapai sasaran organisasi dan mengembangkan diri untuk
mencapai sasaran.
Tipe kepemimpinan Teori Y adalah
Demokratis.
Teori Human Behavior (perilaku manusia), sesungguhnya didasarkan pada
anggapan bahwa orang mempunyai tanggung jawab, potensi, dan mau bekerja.
Persoalannya adalah bagaimana mendorong semua potensi yang ada pada setiap
individu tersebut, olehnya itu perlu adanya
Motivasi.
I. HUMAN RELATION
Hubungan manusia
adalah hubungan antara orang-orang, yang
dilakukan dalam organisasi. Jadi bukan hubungan dalam arti kekeluargaan.
Hubungan ini
tercipta serta didorong oleh kebutuhan dan kepentingan yang sama, misal untuk
memperoleh pendapatan, keamanan, kekuatan dsb.
Dalam kehidupan organisasi , harus
didasarkan atas kebutuhan, kepentingan,
hormat menghormati, kerjasama untuk mencapai tujuan.
Kerjasama akan
tercipta dengan baik, jika ada pengertian kebersamaan, saling menguntungkan,
dan adanya kesediaan untuk mengorbankan sebagian dari kepentingannya
masing-masing.
Mengapa seseorang mau bekerja atau mau
menjadi karyawan dan Mengapa perusahaan mau menerimanya ?????
Hal ini
didasarkan atas sifat The Nature of
man dan The nature of organization
The nature of
man, artinya
seseorang berpendapat bahwa kebutuhan dan kepentingannya akan lebih mudah diperolehnya jika ia menjadi
karyawan suatu perusahaan.
The nature of
organization, artinya perusahaan
menerima seseorang menjadi karyawan, jika orang itu akan memberikan keuntungan
bagi perusahaan, atau nilai prestasinya lebih besar dari kompensasinya.
III. MOTIVASI
Motivasi dapat bersumber dari dalam diri sendiri dan dari orang lain.
Motivasi adalah usaha/kegiatan dari manajer untuk dapat menimbulkan/
meningkatkan semangat dan kegairahaan kerja dari para pekerja/karyawan,
(motivasi bersumber dari orang lain).
GR. Terry, mengemukakan bahwa motivasi adalah keinginan yang terdapat pada
diri seseorang individu yang merangsangnya untuk melakukan tindakan-tindakan
(motivasi bersumber dari diri sendiri).
Apa yang mendorong orang untuk bekerja ?
Menurut Peterson
dan Plowman, mengatakan bahwa orang mau bekerja karena :
-
Keinginan untuk hidup (the
desire to live). Manusia bekerja untuk dapat makan, minum (kebutuhan biologis).
-
Keinginan untuk memiliki
sesuatu (the desire for posession).
-
Keinginan akan kekuasaan (the
desire for power)
-
Keinginan akan pengakuan (the
desire for recognation).
Menurut Abraham
H. Maslow, orang mau bekerja karena ingin memenuhi berbagai macam kebutuhan,
dimana kebutuhan manusia itu berjenjang
artinya bila kebutuhan yang pertama telah dipenuhi, maka kebutuhan tingkat
kedua menjadi yang utama.
Dasar Teorinya
adalah :
1.
Manusia adalah mahluk yang
berkeinginan. Ia selalu menginginkan yang lebih banyak, keinginan itu terus
menerus dan hanya akan berhenti bila akhir hayat.
2.
Suatu kebutuhan yang telah
dipuaskan tidak menjadi motivator bagi pelakunya, hanya kebutuhan yang belum
terpenuhi yang menjadi motivator.
3.
Kebutuhan manusia tersusun
dalam suatu jenjang yakni :
a.
Kebutuhan fisiologis
(physiological needs), kebutuhan untuk memper-tahankan hidup, seperti : makan,
minum, perumahan, seks, istirahat.
b.
Kebutuhan keamanan dan rasa
aman (safety and security needs). Kebutuhan akan perlindungan dan stabilitas,
baik kebutuhan akan keamanan jiwa maupun keamanan hartanya.
c.
Kebutuhan sosial (social
needs). Kebutuhan untuk saling cinta, persahabatan, perasaan memiliki dan
diterima dalam kelompok, kekeluargaan, asosiasi, ingin dihormati, ingin maju,
ikut berpartisipasi dan lain-lain.
d.
Kebutuhan harga diri (esteem
needs). Kebutuhan akan status atau kedudukan, kepercayaan diri, pengakuan,
reputasi dan prestasi, apresiasi, kehormatan diri, penghargaan.
e. Kebutuhan aktualisasi diri dan pemenuhan diri (self-actualization
needs). Kebutuhan untuk
mengembangkan potensi diri, pengembangan diri, melalui pendidikan,
seminar-seminar, komperensi dan lain-lain.
Hirarki kebutuhan dari Maslow ini digambarkan sebagai berikut :
5 Self-actualizatin
needs.
4 Esteem needs
3 Social needs
2 Safety and security needs
1 Physiological needs
Dari gambaran tersebut di atas, maka Motivasi dapat berupa :
1.
Material, berupa Upah, insentif, barang.
2.
Non material, berupa :
-
memperhatikan rasa harga diri
-
memenuhi kebutuhan rohani
-
menempatkan pekerja pada tempat
yang tepat
-
menimbulkan rasa aman
-
memperhatikan lingkungan tempat
kerja
-
memberikan kesempatan untuk
maju
-
menciptakan persaingan yang
sehat
-
mengadakan promosi yang tepat.
Tujuan Motivasi
:
Untuk mengubah perilaku sesuai
dengan keinginan pimpinan
Untuk meningkatkan disiplin
pegawai
Untuk meningkatkan kegairahan
dan prestasi pegawai
Untuk menjaga kestabilan
pegawai
Untuk meningkatkan
kesejahteraan pegawai
Untuk mempertinggi moral
pegawai
Untuk meningkatkan rasa
tanggung jawab pegawai pada pekerjaannya
Untuk memperdalam kecintaan
pegawai terhadap perusahaan.
Kesulitan Manajer dalam Memberikan Motivasi :
Untuk menentukan alat motivasi
yang paling tepat agak sukar karena keinginan setiap individu tidak sama.
Kemampuan perusahaan terbatas
untuk memberikan insentif.
Pimpinan sulit memberikan
insentif yang adil dan tepat.
IV. KEPEMIMPINAN (Leadership)
Ada
beberapa hal yang perlu dipahami dalam membahas kepepimpinan yaitu :
1.
Leader; adalah orang yang membimbing dan mengarahkan orang lain.
2.
Leadership adalah seni atau
proses mempengaruhi orang lain agar
mereka mau bekerja dengan giat ke arah pencapaian tujuan, atau dengan kata lain
Leadership adalah sifat/bakat yang dimiliki oleh pimpinan (leader) untuk
membimbing dan mengarahkan tindakan orang lain.
GR. Terry
mengemukakan bahwa Kepemimpinan adalah kegiatan yang mempengaruhi orang-orang
agar supaya bekerja dengan ikhlas untuk mencapai tujuan bersama. Oleh karena
itu leadership merupakan kunci dalam
manajemen.
Pimpinan atau
manajer atau kepala/ketua adalah seorang
yang mempergunakan wewenang dan kepemimpinannya untuk mengarahkan orang lain
serta bertanggung jawab atas pekerjaan tersebut.
Tipe-tipe
Kepemimpinan (menurut Robert Blake dan Mouton), yaitu :
1.
Deserter ; tipe pimpinan yang
perhatiannya terhadap produksi maupun manusia pekerja sangat rendah (1.1)
2.
Missionary ; tipe pimpinan yang
perhatiannya terhadap produksi rendah, sedang perhatiannya terhadap manusia
pekerja paling besar/tinggi. Gaya
kepemimpinan berorientasi manusia. (1.9)
3.
Autocrat ; perhatian terhadap
produksi sangat besar, namun perhatiannya terhadap manusia sangat rendah. Gaya kepemimpinan
berorientasi produksi (9.1)
4.
Compromiser ; perhatiannya
terhadap produksi dan manusia pekerja sebanding/sama. Gaya kepemimpinannya berimbang (5.5)
5. Executive ; perhatiannya pada produksi
maupun manusia sangat besar. Gaya kepemimpinan yang berorientasi pada tugas,
hubungan manusia, dan efektivitas kerja (gaya kepemimpinan terbaik)., (9.9)
Tipe pimpinan tersebut dapat digambarkan sebagai
berikut :
X
1.9
9.9
5.5
1.1
9.1
Y
Sumbu X = Perhatian terhadap manusia
Sumbu Y = perhatian terhadap produksi.
Tipe kepemimpinan
menutur GR. Terry adalah :
1.
Kepemimpinan pribadi (personal
leadeship)
2. Kepemimpinan non pribadi (non personal
leadeship)
3.
Kepemimpinan otoriter (authoriter leadership)
4.
Kepemimpinan demokratis
(democratis leadeship)
5.
Kepemimpinan kebapaan (paternalistic
leadership)
6.
Kepemimpinan alamiah
(indigenous leadership).
V. KOMUNIKASI
A. PENGERTIAN
Komunikasi
bukan hanya sekesar sebagai proses pemberitahuan
dari satu pihak ke pihak yang lain, yang dapat berupa rencana-rencana,
instruksi-instruksi, petunjuk-petunjuk, sarana-sarana dan sebagainya.Oleh
karena itu apabila seseorang mengirimkan surat,
menempelkan pengumuman, menelpon dan sebagainya, maka orang tersebut telah
menganggap dirinya melaksanakan komunikasi.
Komunikasi diartikan sebagai penyampaian
warta dari pihak yang satu kepada pihak lainnya, bertujuan menjalin pengertian
yang baik antara si pemberi warta dengan orang yang menerima warta.
Jadi komunikasi yang dimaksud disini adalah
jalinan pengertian antara pihak yang satu dengan pihak yang lain, sehingga apa
yang dikomunikasikan dapat dimengerti, dipikirkan dan akhirnya dilaksanakan.
Komunikasi
adalah proses pemindahan pengertian
dalam bentuk gagasan atau informasi dari seseorang kepada orang lain.
Pemindahan pengertian tersebut melibatkan lebih dari sekedar kata-kata yang
digunakan dalam percakapan, tetapi juga ekspresi wajah, intonasi dll.
B. PROSES KOMUNIKASI
Dalam
proses komunikasi terdapat tahap-tahap dimana suatu “gagasan” atau “pengertian”
dikirimkan dari sumbernya (komunikator) sampai gagasan atau pengertian tersebut
dijalankan oleh orang yang menjadi sasaran komunikasi (komunikan atau
penerima).
Tahap-tahap komunikasi
adalah :
Tahap idiasi;
Tahap
idiasi adalah proses penciptaan gagasan atau informasi yang dilakukan oleh
komunikator.
Tahap encoding;
tahap dimana semua gagasan atau informasi disusun dalam serangkaian
bentuk simbol atau sandi yang dirancang untuk dikirim kepada komunikan dan juga
pilihan saluran media komunikasi yang akan digunakan. Sandi atau simbol dapat berupa kata-kata (lisan atau tulisan),
gambar/poster/grafik atau tindakan.
Tahap pengiriman; pengiriman pesan dapat dilakukan dengan
berbicara, menulis, menggambar, dan bertindak. Keputusan yang tepat dalam
memilih/menentukan saluran yang tepat merupakan hal yang sangat penting.
Komunikasi lisan digunakan apabila kesempatan untuk
berinteraksi antara sumber dan penerima memungkinkan komunikasi nonverbal
(gerakantubuh, intonasi suara, dll.) dan memungkinkan umpan balik diperoleh
segera.
Komunikasi tertulis dapat disampaikan melalui
saluran-saluran seperti : memo, surat, laporan catatan, dll.
Tahap penerimaan; penerimaan pesan ini dapat melalui proses
pendengaran, membaca atau mengamati, tergantung pada saluran atau media yang
digunakan untuk mengirimkannya.
Tahap decoding; pesan yang
diterima diinterpretasikan, dibaca, diartikan dan diuraiakan secara langsung
atau tidak langsung melalui proses berpikir.
Dalam tahap decoding ini dapat terjadi ketidak sesuaian
atau bahkan penolakan terhadap gagasan atau ide yang di “encoding” oleh komunikator.
Tahap tindakan atau umpanbalik
(feedback); penerima akan menyampaikan berita balasan yang ditujukan pada
pengirim. Dalam tahap ini respon komunikan dapat berbentukusaha melengkapi
informasi, meminta informasi tambahan, atau melakukan tindakan lain.
C. SALURAN KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI
1.
Komunikasi
Internal; komunikasi antara para anggota
organisasi. terdiri
dari :
(a) Komunikasi
vertikal
(b) Komunikaso
horizontal
(c)Komunikasi
diagonal
Jadi komunikasi berfungsi sebagai :
1.
memberikan perintah/instruksi
2.
menyampaikan informasi
3.
memberi laporan
4.
memberi saran,
nasehat dari seseorang kepada orang lain.
2.
Komunikasi eksternal
Komuniasi antara pimpinan organisasi dengan khalayak di
luar organisasi.
Komunikasi ini terdiri dari dua jalur secara timbal
balik, yakni
-
Komunikasi
dari organisasi kepada khalayak dan,
-
Khalayak kepada organisasi.
D. UNSUR-UNSUR KOMUNIKASI
1.
Giver (komunikator) é
orang yang menyampaikan ide, pesan.
2.
Pesan é informasi = ide
3.
Saluran é alat yang dipakai untuk komunikasi
4.
Feed Back (action) é
reaksi yang diberikan oleh receiver (penerima)
E. SYARAT-SYARAT KOMUNIKASI YANG BAIK
Komunikasi
harus mudah dimengerti (jelas, tegas, singkat),
Komunikasi
harus lengkap,
Komunikasi
harus tepat waktu,
Komunikasi
menggunakan media yang tepat,
Komunikasi harus timbal balik,
Komunikasi perlu memperhatikan situasi dan kondisi.
Komunikasi perlu menghindarkan kata-kata yang
kurang enak/kurang baik.
F. HAMBATAN-HAMBATAN TERHADAP KOMUNIKASI EFEKTIF :
I.
Hambatan
organisasional ini terdiri dari :
(1) Tingkat
hierarchi (hirarki)
(2) Wewenag
manajerial
(3) Spesialisasi
II.
Hambatan antar pribadi :
(1) persepsi
selektif
(2) status
atau kedudukan komunikator
(3) keadaan
membela diri
(4) pendengaran
lemah
(5) ketidak
tepatan menggunakan bahasa
G. PENINGKATAN KOMUNIKASI YANG EFEKTIF DALAM ORGANISASI.
Manajer harus dapat meningkatkan efektifitas komunikasi dalam
organisasinya, untuk dapat mengatasi kesulitan/hambatan dalam berkomunikasi.
Ada
beberapa cara yang perlu dilakukan:
1.
Meningkatkan kesadaran anggota
organisasi akan pentingnya kebutuhan komunikasi.
2.
Penggunaan umpan – balik
(komunikasi dua arah)
3.
Menjadi komunikator yang lebih efektif
4.
Membuat pedoman komunikasi yang baik.
Komunikasi
diartikan sebagai penyampaian warta dari pihak yang satu kepada pihak lainnya,
bertujuan menjalin pengertian yang baik antara si pemberi warta dengan orang
yang menerima warta.
Jadi komunikasi yang dimaksud disini adalah
jalinan pengertian antara pihak yang satu dengan pihak yang lain, sehingga apa
yang dikomunikasikan dapat dimengerti, dipikirkan dan akhirnya dilaksanakan.
Komunikasi dapat dibedakan atas dua macam :
1.
Komunikasi ke dalam (business
communication); komunikasi yang disampaikan kepada anggota arganisasi itu
sendiri.
2.
Komunikasi ke luar (publik
communication); komunikasi yang disampaikan pada pihak luar yang bertujuan
untuk menjalin hubungan yang baik antara pihak atasan dengan pihak luar yang
dapat diwujudkan dalam bentuk telpon, berbicara langsung, mengirim surat dan lain-lain.
Komunikasi dalam
manajemen sangat penting karena Komunikasi
merupakan sarana untuk
menyampaikan Perintah, Informasi, Berita, Laporan maupun dalam hal menjalin
hubungan antara sesama anggota
organisasi.
Jadi komunikasi
berfungsi sebagai :
1.
memberikan perintah/instruksi
2.
menyampaikan informasi
3.
memberi laporan
4. memberi saran, nasehat dari seseorang
kepada orang lain.
Unsur-Unsur
Komunikasi :
1.
Giver (komunikator) é orang yang menyampaikan ide, pesan.
2.
Pesan é informasi = ide
3.
Saluran é alat yang dipakai untuk
komunikasi
4.
Feed Back (action) é reaksi yang diberikan oleh receiver (penerima)
Syarat-syarat
Komunikasi yang baik :
1.
Komunikasi harus mudah
dimengerti (jelas, tegas, singkat)
2.
Komunikasi harus lengkap
3.
Komunikasi harus tepat waktu
4.
Komunikasi menggunakan media
yang tepat
5.
Komunikasi harus timbal balik
6. Komunikasi perlu memperhatikan situasi dan
kondisi
7. Komunikasi perlu menghirdakan kata-kata
yang kurang enak/kurang baik.
Komunikasi ini dapat dilakukan secara tertulis, lisan dan dengan gambar.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
aasalamaluikum, saya ialah syahir neni, ibu muslim dari Kuching, Sarawak Kuching dewan bandar utara di malaysia, saya mahu menggunakan medium ini untuk memberi amaran kepada semua pencari pinjaman perlu berhati-hati kerana terdapat penipu di blog ini. i bodoh di sini di laman web ini pada tahun lepas saya dari segi kewangan ke bawah, dan dalam keadaan terdesak, saya telah ditipu oleh peminjam banyak palsu di blog ini. Saya telah hampir berputus asa sehingga saya pergi di televisyen mengenai syarikat yang pesat berkembang firma pinjaman dipercayai bernama Devya Ajjaade rumah kredit yang mengesahkan saya pinjaman tidak bercagar Rm 579,000 pada kadar yang sangat rendah 1% dalam 4 jam tanpa tekanan dan kelewatan, mereka sangat cepat dan cepat untuk menyampaikan dana dengan caj pemindahan dan bayaran pendaftaran seperti yang lain di blog ini. ia akan menarik minat anda untuk mengetahui bahawa saya mendapat pinjaman saya pada 5 Januari 2017, kini saya mempunyai cadangan perniagaan saya bekerja sekarang jika anda perlukan, besar, tulen kenalan pinjaman pelaburan yang cepat melalui: ((devyajjaade.loanfirm@gmail.com )), anda perlu tahu bahawa firma itu tidak tahu memberi keterangan im dalam media, im sangat gembira untuk melakukan ini, e-mel saya adalah (nenisyahir@gmail.com) boleh allah memberkati dan memakbulkan doa anda pada tahun ini seperti saya
BalasHapuse_mail:[iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]
BalasHapusWhatsApp Number::::::::::[+60]1123759663
email:::::::hafizulbin365@gmail.com
Name::::Hafizul Bin Haziq
Country:::Malaysia
Kemarau kewangan saya berakhir pada bulan ini apabila saya fikir semuanya adalah urusan perniagaan dengan beberapa rakan saya di Kuala Lumpur beberapa bulan yang lalu perniagaan yang bernilai beberapa Rm785k yang keuntungannya sudah cukup untuk kita semua untuk berkongsi keuntungan tetapi akibat kegagalan perniagaan, kita semua mendapati bahawa kita mempunyai masalah kewangan yang sangat besar kerana saya tidak mempunyai wang untuk bergantung pada ketika perniagaan gagal kerana saya melabur semua saya dengan saya pada perniagaan jadi saya berada di sangat sangat maaf jadi saya terpaksa mencari bantuan kewangan saya sebenarnya telah ditolak oleh beberapa bank sebagai hasil dari kadar pinjaman mereka dan juga syarat mereka jadi saya terpaksa melalui beberapa blog sehingga saya datang menghadapi dengan Iklan Syarikat Ibu. saya menghubungi Ibu dengan segera selepas melalui beberapa proses yang sangat fleksibel permintaan pinjaman saya sebanyak Rm440k telah diluluskan oleh pihak pengurusan dan pada keesokannya Lembaga Pengurusan Peminjaman Pinjaman dikreditkan saya tanpa menangguhkan berkat ini dari ibu yang dapat menyelamatkan anda hari ini dari apa-apa embarrazement kewangan anda menjadi ibu hubungi Ibu sekarang untuk pinjaman anda yang berubah e_mail:[iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]
ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY "ISKANDAR LENDERS"
Country::::::Malaysia
Name::::::::Hafizul Bin Haziq
email::hafizulbin365@gmail.com
Telephone Number:[+60]1123759663
WhatsApp Number::::::::[+60]1123759663
e_mail:[iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]
e_mail:[iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]
BalasHapusWhatsApp Number::::::::::[+60]1123759663
email:::::::hafizulbin365@gmail.com
Name::::Hafizul Bin Haziq
Country:::Malaysia
Kemarau kewangan saya berakhir pada bulan ini apabila saya fikir semuanya adalah urusan perniagaan dengan beberapa rakan saya di Kuala Lumpur beberapa bulan yang lalu perniagaan yang bernilai beberapa Rm785k yang keuntungannya sudah cukup untuk kita semua untuk berkongsi keuntungan tetapi akibat kegagalan perniagaan, kita semua mendapati bahawa kita mempunyai masalah kewangan yang sangat besar kerana saya tidak mempunyai wang untuk bergantung pada ketika perniagaan gagal kerana saya melabur semua saya dengan saya pada perniagaan jadi saya berada di sangat sangat maaf jadi saya terpaksa mencari bantuan kewangan saya sebenarnya telah ditolak oleh beberapa bank sebagai hasil dari kadar pinjaman mereka dan juga syarat mereka jadi saya terpaksa melalui beberapa blog sehingga saya datang menghadapi dengan Iklan Syarikat Ibu. saya menghubungi Ibu dengan segera selepas melalui beberapa proses yang sangat fleksibel permintaan pinjaman saya sebanyak Rm440k telah diluluskan oleh pihak pengurusan dan pada keesokannya Lembaga Pengurusan Peminjaman Pinjaman dikreditkan saya tanpa menangguhkan berkat ini dari ibu yang dapat menyelamatkan anda hari ini dari apa-apa embarrazement kewangan anda menjadi ibu hubungi Ibu sekarang untuk pinjaman anda yang berubah e_mail:[iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]
ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY "ISKANDAR LENDERS"
Country::::::Malaysia
Name::::::::Hafizul Bin Haziq
email::hafizulbin365@gmail.com
Telephone Number:[+60]1123759663
WhatsApp Number::::::::[+60]1123759663
e_mail:[iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]
Salam kepada semua warga negara Indonesia, nama saya INDALH HARUM, TOLONG, saya ingin memberikan kesaksian hidup saya di sini di platform ini sehingga semua warga negara Indonesia berhati-hati dengan pemberi pinjaman di internet, Tuhan mendukung saya melalui ibu yang baik, LASSA JIM , Setelah beberapa waktu mencoba mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan menolak, maka saya memutuskan untuk mendaftar melalui pinjaman online tetapi saya curang dan saya kehilangan lebih dari 50 juta rupiah dengan pemberi pinjaman yang berbeda karena saya mencari pinjaman (Rp800) setelah membayar biaya dan tidak mendapat pinjaman. Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi Salam kepada semua warga negara Indonesia, nama saya INDALH HARUM, TOLONG, saya ingin memberikan kesaksian hidup saya di sini di platform ini sehingga semua warga negara Indonesia berhati-hati dengan pemberi pinjaman di internet, Tuhan mendukung saya melalui ibu yang baik, LASSA JIM, Setelah beberapa waktu mencoba mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan menolak, jadi saya memutuskan untuk mendaftar melalui pinjaman online tetapi saya menipu dan kehilangan lebih dari 50 juta rupiah dengan Pemberi pinjaman karena saya mencari pinjaman (Rp800) setelah membayar biaya dan tidak mendapat pinjaman. Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan seorang teman saya, Harum kemudian memperkenalkan saya kepada Ny. LASSA JIM, seorang pemberi pinjaman di sebuah perusahaan bernama ACCESS LOAN FIRM sehingga teman saya meminta saya untuk melamar ibu LASSA, jadi saya mengumpulkan keberanian dan menghubungi Ms. LASSA.
BalasHapusSaya mengajukan pinjaman 2 miliar rupiah dengan tingkat bunga 2%, sehingga pinjaman disetujui tanpa tekanan dan semua pengaturan dilakukan dengan transfer kredit, karena tidak memerlukan jaminan dan keamanan untuk transfer pinjaman yang baru saja saya katakan kepada dapatkan perjanjian lisensi, aplikasi mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari 48 jam pinjaman itu disetorkan ke rekening bank saya.
Saya pikir itu hanya lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya dikreditkan dengan jumlah 2 miliar. Saya sangat senang bahwa Tuhan akhirnya menjawab doa saya dengan memesan pinjaman saya dengan pinjaman asli saya, yang memberi saya keinginan hati saya. mereka juga memiliki tim ahli yang akan memberi tahu Anda tentang jenis bisnis yang ingin Anda investasikan dan cara menginvestasikan uang Anda, sehingga Anda tidak akan pernah bangkrut lagi dalam hidup Anda. Semoga Tuhan memberkati Mrs. LASSA JIM untuk membuat hidup saya lebih mudah, jadi saya sarankan siapa pun yang tertarik mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. LASSA melalui email: lassajimloancompany@gmail.com
Anda juga dapat menghubungi nomor JIM ibu LASSA whatsApp +1(301)969-1955.
Akhirnya, saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena telah meluangkan waktu untuk membaca kesaksian sejati hidup saya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa agar Tuhan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Sekali lagi nama saya adalah INDALH HARUM, Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: Indalhharum@gmail.com
Nama saya Marymomah dari Malaysia, saya mahu menggunakan media ini untuk menasihati semua orang, saya menjadi mangsa penipuan di tangan pemberi pinjaman, saya menipu RM90.000 kerana saya memerlukan pinjaman RM250.000 untuk membayar perbelanjaan perubatan & hutang pembayaran Saya hampir mati, saya tidak mempunyai tempat untuk pergi dan anak-anak saya berada di hospital untuk operasi.
BalasHapusSemua ini berlaku pada bulan Julai 2020, sehingga saya bertemu dengan seseorang Sarnia Devina dalam talian melalui e-mel: reddevina@gmail.com yang memberi keterangan mengenai pemberi pinjaman SYARIKAT PELABURAN PINJAMAN MRS PROMISE SOLEDAD jadi saya membuat pertanyaan dan dia memperkenalkan saya kepada ibu yang baik JANJI SOLEDAD yang akhirnya menolong saya mendapatkan faedah rendah RM250.000.00 pinjaman tanpa jaminan 2% di SYARIKAT PELABURAN PINJAMAN SOLEDAD
Saya ingin mengambil kesempatan ini untuk mengucapkan terima kasih, Puan PROMISE SOLEDAD, semoga Allha terus memberkati anda, Puan PROMISE SOLEDAD atas kejujuran dan perbuatan baik anda.
Saya menasihati sesiapa yang memerlukan pinjaman segera harus segera menghubungi SYARIKAT PELABURAN PINJAMAN SOLEDAD
e-mel syarikat: promisesoledadloancompany@gmail.com
Anda boleh menghubungi saya juga ladymarymomah@gmail.com
saudara-saudara
BalasHapusSaya di sini untuk bersaksi tentang kebaikan Allah dalam hidup saya dan bagaimana saya diselamatkan dari tekanan finansial karena bisnis saya sedang menurun dan keluarga saya dalam keadaan asulit sehingga kami bahkan tidak dapat membayar uang sekolah untuk anak-anak, karena kepahitan mengambil alih hatiku
Suami saya juga menggagalkan karena kami menjalankan bisnis keluarga di (Surabaya, Jawa Timur) dimana kami jadi bingung suami saya mencoba untuk mendapatkana pinjaman dari bank dia menolak pinjaman jadi dia online mencari pinjaman karenaa dia ditipu oleh sone imposters online yang menjanjikan kepadanya pinjaman dan mengatakan harus membayar biaya untuk mendapatkan pinjaman sehingga husbank saya meminjam uang dari teman-temannya untuk membayar biaya maka mereka meminta biaya lagi dengan beberapa alasan dia harus pergi dan meminjam dari saudaranya di (Bekasi) untuk memastikan dia mendapatkan pinjaman setidaknya untuk membi/aayai kebutuhan keluarga dan setelah dia membuat biaya, dia diminta untuk membayar lagi dengan alasan tertentu, hal ini membuat keluarga kelaparan meningkat sehingga kami harus mengumpulkan makanan dari tetangga dekat kami. dan selama berbulan-bulan kami menderita dan bisnis ditutup untuk sementara waktu
Jadi satu sore yang setia sekitar pukul 14:00 tetangga dekat ini menelepon saya dan mengatakan bahwa dia akan mendapatkan pinjaman dari perusahaan pinjaman secara online sehingga jika dia mendapatkan pinjaman, dia akan mengenalkan saya ke perusahaan tersebut sehingga kami pergi ke ATM bersama-sama dan Memeriksa pinjaman itu tidak ada sehingga kami menunggu sekitar 30 menit kemudian kami mendapat peringatan di teleponnya dari banknya bahwa dia telah menerima money di akunnya sehingga kami memeriksa saldo rekeningnya dan lihatlah 300 juta kepadanya sebagai pinjaman
Segera saya berteriak di depan umum sambil menangis dan pada saat itu yang bisa saya pikirkan adalah jika saya dengan jumlah seperti itu, masalah saya berakhir, jadi kami pulang ke rumah saya tidak memberi tahu suami saya, dari 1 juta dia memberi saya saya membeli beberapa bahan makanan di rumah dan berlangganan dan tetangga saya dan saya meminta pinjaman kepada perusahaan karena dia memberi saya pedoman sehingga kami mengikuti prosesnya karena prosesnya sama sehingga setelah semua prosesnya, rekan-rekan saya diberi pinjaman oleh saya
.(`’•.¸(` ‘•. ¸* ¸.•’´)¸.•’´)..«´ ONE BILLION RISING FUND¨`»(onebillionrisingfund@gmail.com)
..(¸. •’´(¸.•’´ * `’•.¸)`’•.¸ )..BBM: D8E814FC
Anda juga bisa mendaftar sekarang dan menyelesaikan masalah keuangan Anda
Saya berbagi cerita ini karena saya tahu bahwa begitu banyak orang di luar sana memerlukan bantuan keuangan dan perusahaan akan membantu Anda
Gmail saya adalah
Ratu Efendi Lisa
efendiqueenlisa@gmail.com
Kabar baik!!!
BalasHapusNama saya teddy dan saya dari Jawa Tengah Indonesia dan alamat saya KP. KADU RT 10 RW 04 KEL SUKAMULYA KEC CIKUPA KAB TANGERANG BANTEN, Saya baru saja menerima pinjaman Rp 3 Miliar (Small Business Admintration (SBA) dari Perusahaan Pinjaman Dangote setelah membaca artikel dari Lady Jane Alice (ladyjanealice@gmail.com) dan Mahammad Ismali (mahammadismali234@gmail.com) tentang cara mendapatkan
pinjaman dari Perusahaan Pinjaman Dangote dengan tingkat bunga 2% tanpa lisensi atau biaya gurantor, saya baru saja melamar melalui email dan ikhlas selama prosesnya, awalnya saya takut mengira itu seperti penipuan perusahaan peminjaman sebelumnya, tetapi yang mengejutkan saya ini nyata bahwa saya juga berjanji akan memberi tahu lebih banyak orang, percayalah itu nyata 100%, pelamar lain dari negara lain juga dapat bersaksi.
Email Perusahaan Pinjaman Dangote Melalui email: Dangotegrouploandepartment@gmail.com
Email saya: teddydouble334@yahoo.com
Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Encik Dalton daripada pinjaman berlian kerana memberi saya pinjaman bernilai 43000 euro. Saya telah ditipu beberapa percubaan untuk mendapatkan pinjaman. sehingga saya maksudkan Dalton yang memberi saya pinjaman. jika anda memerlukan pinjaman yang sah hari ini elakkan ditipu dan hubungi pinjaman berlian melalui e-mel: diamondloans24@yahoo.com
BalasHapusNama saya RONI DILLA, saya ingin menggunakan media ini untuk menasihati semua orang agar berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman Internet karena begitu banyak pemberi pinjaman Internet di sini adalah scammers dan mereka hanya berbagi cerita untuk menipu Anda dari uang Anda, saya mengajukan pinjaman Rp500.000.000 dari seorang wanita di Jerman dan saya kehilangan Rp 15.000.000 tanpa mendapatkan pinjaman,
BalasHapusPada 27 September 2017, teman saya Suri Yono di tempat saya memberi tahu saya bagaimana dia mengajukan pinjaman dari PUSAT PINJAMAN MODAL dan dia akhirnya menerima pinjaman. Saya tidak pernah mempercayainya sampai saya pergi bersamanya ke bank untuk mengkonfirmasi dan saya kagum bahwa saya telah kehilangan banyak uang hanya untuk mendapatkan pinjaman untuk keluarga saya. teman saya untuk memperkenalkan saya kepada seorang ibu yang baik. Tomasa Justin, CAPITAL CENTER, dia membuat dan mengajukan pinjaman sebesar Rp500.000.000.
Saya memenuhi syarat dan ketentuan pinjaman perusahaan dan aplikasi pinjaman saya disetujui untuk saya tanpa tekanan dan kesulitan. Akhirnya, saya menerima pinjaman di rekening bank saya dan saya menghubungi teman saya Suri Yono bahwa saya telah menerima pinjaman dan saya juga telah memperkenalkan begitu banyak orang kepada ibu yang baik, Bu MARIA PEDRO.
Saya ingin Anda membaca kesaksian saya untuk menghubungi ibu yang baik. jika Anda membutuhkan pinjaman sehingga Anda juga akan bersaksi tentang niat baik ibu yang baik, jadi saya menggunakan jalan ini untuk memberi tahu setiap orang Indonesia dan orang lain yang layak untuk membaca kesaksian saya dan dia membutuhkan pinjaman untuk menghubungi Nyonya MARIAPEDRO melalui EMAIL: [mariapedroguaranteetrustloan@gmail .com]
Yono viadia EMAIL: YONOSURI702@GMAIL.COM
Anda masih dapat menghubungi saya jika membutuhkan informasi lebih lanjut melalui EMAIL: ronidilla76@gmail.com
Anda juga dapat menghubungi teman saya Suri
Terima kasih sekali lagi telah membaca kesaksian saya, dan semoga ALLAH terus memberkati kita semua dan memberi kita umur panjang dan kemakmuran